Senin, 28 September 2015

Pengertian Grafik Komputer dan Pengolahan Citra serta Perbedaannya

. 1.       PENGERTIAN ILMU GRAFIK KOMPUTER

Grafik komputer merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan komputer. serta pembuatan, penyimpanan dan manipulasi gambar dalam bentuk digital. dalam perkembangannya  istilah "Grafik Komputer" pertama kali ditemukan pada tahun 1960 oleh Wiliam Fetter. kemudian pada tahun-tahun berikutnya grafik komputer mengalami perkembangan yang sangat signifikan sehingga sangat memudahkan manusia dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Ilmu Grafik Komputer atau grafika computer (computer graphics) merupakan proses untuk menghasilkan atau menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar-belakang yang terkandung pada gambar tersebut dengan menggunakan komputer. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D.

Berdasarkan pengertian grafik komputer tadi, bagian dari grafik komputer ada 4 macam yaitu:

1. Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging) : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Ø   Contoh Grafik Komputer pada kehidupan sehari – hari:

•         Bidang Pendidikan, grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
     
•         Computer Art, penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya – karya seni. Hasilnya berupa kartun, foto, logo, lukisan abstrak, design interior / eksterior, dll. Contoh software yang di gunakan: photoshop, corel painter, GIMP, dll.
      
•         Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.

•      CAD (Computer-Aided Desig ) adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalammendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.


2.         Pengertian Pengolahan Citra

Pengolahan citra adalah suatu proses untuk mengolah gambar menjadi sebuah gambar yang lebih baik dan sesuai yang kita inginkan. Citra yang terlihat merupakan cahaya yang direfleksikan dari sebuah objek. Sumber cahaya menerangi objek, objek memantulkan kembali sebagian dari berkas cahaya tersebut dan pantulan cahaya di tangkap oleh alat-alat optik dan kemudian direkam. Citra sendiri sebuah data dan informasi yang dapat disampaikan dalam bentuk teks, audio, video, dan animasi. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu. Grafik komputer dan pengolahan citra mempunyai hubungan yang saling terkait satu sama lainnya.

Contoh aplikasi Pengolahan Citra dalam kehidupan sehari-hari:

Ø  Bidang Militer
a. Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual.
b. Mengidentifikasi pesawat musuh melalui radar.
c. Teropong malam hari (night vision).

Ø  Bidang Medis / Kedokteran
a. Mendeteksi retak/patah tulang dengan CT Scan.
b. Rekonstuksi foto janin (USG).
c. Mendeteksi kanker (kanker otak)

Ø  Bidang Biologi
Pengenalan jenis kromosom melalui gambar mikroskopis
·          Bidang Pendidikan
Pengolahan pendaftaran mahasiswa menggunakan scanner.




  •  Perbedaan dari Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, yaitu :

Grafik Komputer
·        Berorientasi vektor
·        Menggunakan model 2D/3D hasil realistic
·        Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D)

Pengolahan Citra
·        Berorientasi pixel
·        Mengolah data citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D
·        Menitik beratkan pada manipulasi citra sesuai dengan keperluan user

Sumber :
-http://akbarrvz.blogspot.co.id/2013/09/perbedaan-grafik-komputer-dengan.html
-http://andreprat.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-grafik-komputer-dan.html
-https://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar