. 1. PENGERTIAN
ILMU GRAFIK KOMPUTER
Grafik komputer merupakan
suatu ilmu yang berkaitan dengan komputer. serta pembuatan, penyimpanan dan
manipulasi gambar dalam bentuk digital. dalam perkembangannya istilah "Grafik Komputer" pertama
kali ditemukan pada tahun 1960 oleh Wiliam Fetter. kemudian pada tahun-tahun
berikutnya grafik komputer mengalami perkembangan yang sangat signifikan
sehingga sangat memudahkan manusia dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Ilmu
Grafik Komputer atau grafika computer (computer graphics) merupakan proses
untuk menghasilkan atau menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek
maupun latar-belakang yang terkandung pada gambar tersebut dengan menggunakan
komputer. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang
merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer yang kemudian berkembang
menjadi grafika komputer 3D.
Berdasarkan pengertian grafik komputer tadi, bagian dari
grafik komputer ada 4 macam yaitu:
1. Geometri :
mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi :
mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering :
mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging)
: mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Ø Contoh Grafik Komputer pada kehidupan sehari –
hari:
• Bidang Pendidikan, grafik komputer pada
pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara
nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
• Computer Art, penggunaan komputer
grafis untuk menghasilkan karya – karya seni. Hasilnya berupa kartun, foto,
logo, lukisan abstrak, design interior / eksterior, dll. Contoh software yang
di gunakan: photoshop, corel painter, GIMP, dll.
• Video game
adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada
perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti
tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola
Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari
PC, console, hingga mobile
devices.
• CAD (Computer-Aided Desig )
adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam
desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak
digunakan dalammendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat
elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.
Sumber :
-http://akbarrvz.blogspot.co.id/2013/09/perbedaan-grafik-komputer-dengan.html
-http://andreprat.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-grafik-komputer-dan.html
-https://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
2. Pengertian Pengolahan Citra
Pengolahan citra adalah
suatu proses untuk mengolah gambar menjadi sebuah gambar yang lebih baik dan
sesuai yang kita inginkan. Citra yang terlihat merupakan cahaya yang
direfleksikan dari sebuah objek. Sumber cahaya menerangi objek, objek
memantulkan kembali sebagian dari berkas cahaya tersebut dan pantulan cahaya di
tangkap oleh alat-alat optik dan kemudian direkam. Citra sendiri sebuah data
dan informasi yang dapat disampaikan dalam bentuk teks, audio, video, dan
animasi. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi
suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.
Grafik komputer dan pengolahan citra mempunyai hubungan yang saling terkait
satu sama lainnya.
Contoh aplikasi Pengolahan Citra dalam kehidupan
sehari-hari:
Ø Bidang Militer
a. Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor
visual.
b. Mengidentifikasi pesawat musuh melalui radar.
c. Teropong malam hari (night vision).
Ø Bidang Medis / Kedokteran
a. Mendeteksi retak/patah tulang dengan CT Scan.
b. Rekonstuksi foto janin (USG).
c. Mendeteksi kanker (kanker otak)
Ø Bidang Biologi
Pengenalan jenis kromosom melalui gambar mikroskopis
· Bidang
Pendidikan
Pengolahan pendaftaran mahasiswa menggunakan scanner.
- Perbedaan dari Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, yaitu :
Grafik Komputer
·
Berorientasi vektor
·
Menggunakan model 2D/3D hasil realistic
· Cenderung
mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi
(2D/3D)
Pengolahan Citra
·
Berorientasi pixel
· Mengolah
data citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D
· Menitik
beratkan pada manipulasi citra sesuai dengan keperluan user
Sumber :
-http://akbarrvz.blogspot.co.id/2013/09/perbedaan-grafik-komputer-dengan.html
-http://andreprat.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-grafik-komputer-dan.html
-https://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar